13 March 2007

Soal Latihan 1 ISDH

Beberapa Soal Latihan Pilihan Ganda (Pilih a, b, c, atau d sebagai jawaban yang paling tepat) :
[1]. Apabila kualitas kayu dikelompokkan menjadi: 1 = kualitas istimewa, 2 = kuliatas baik, 3 = kualitas sedang, dan 4 = kualitas jelek, maka angka-angka kualitas kayu tersebut memiliki skala pengukuran : (a). Skala nominal (b). Skala ordinal (c). Skala interval (d). Skala rasio
[2]. Manakah diantara pernyataan-pernyataan berikut ini yang benar tentang cara pengukuran diameter setinggi dada (dbh) ? : (a). Apabila pohon bercabang pada ketinggian kurang dari 1,3 m, maka diameter diukur pada kedua cabang pada ketinggian tersebut dan hasilnya dirata-ratakan. (b). Apabila pohon bercabang pada ketinggian tepat 1,3 m, maka pengukuran dilakukan pada ketinggian tersebut dan hanya dianggap sebagai satu pohon saja. (c). Apabila pohon berdiri tegak pada tanah yang miring, maka diameter diukur setinggi 1,3 m dari bagian bawah kelerengan. (d). Pada pohon berbanir, diameter diukur pada ketinggian 1,3 m di atas banir.
[3]. Diantara alat berikut ini, manakah yang dapat digunakan untuk menaksir tinggi pohon : (a). Bitterlich Stick (b) Caliper (c). Walking Stick (d). Biltmore stick
[4]. Manakah diantara pasangan alat ukur berikut ini yang tidak memerlukan pengukuran jarak terlebih dahulu ?
(a). Haga – Weise (b). Dendrometer – SRB (c). Christen meter – Dendrometer (d). Abney level – Christen meter
[5]. Ukuran kerapatan suatu tegakan yang dapat menggambarkan kondisi tegakan yang diukur adalah :
(a). Kerapatan bidang dasar tegakan (b). Kerapatan tajuk (c). Dk.n x Dk.d2 (d). Bonita



Jawab dengan uraian singkat tapi lengkap dan jelas ! :
[1]. Jelaskan apa perbedaan data skala interval dengan skala rasio !
[2]. Diameter sebuah pohon nilainya bisa sangat banyak, seperti banyaknya titik tempat diameter dapat diukur di sepanjang batang dari pangkal sampai ujung batang pohon. Pada bagian mana diameter pohon lazim diukur ? Dan jelaskan 3 alasan pokok yang mendasarinya !
[3]. Jelaskan 2 prinsip yang mendasari cara pengukuran tinggi pohon !
[4]. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tabel volume lokal, tabel volume baku, dan tabel tegakan !
[5]. Jelaskan, apa yang anda ketahui tentang : (a). bonita (b). kerapatan bidang dasar
[6]. Jelaskan, apa yang anda ketahui tentang : (a). daur (b). rotasi tebang

Dalam inventarisasi suatu teg htn pd thn 1995, dimana saat itu umur teg adalah 30 thn, diperoleh volume teg 184,0 m3/ha., dan pd thn 2000 pada teg tsb dilakukan pengukuran kembali dan menghasilkan volume teg 212,0 m3/ha. Dalam periode waktu sampai dgn thn 1995 dari teg tsb telah dipungut hasilnya atau telah dikeluarkan volume kayunya secara total rata-rata sebesar 156 m3/ha dan dalam periode dari thn 1995 sampai dgn thn 2000, didalam teg tsb telah dilakukan penjarangan dgn hasil rata-rata 38,0 m3/ha, tebangan karena bencana alam menghasilkan volume rata-rata sebesar 3,5 m3/ha., dan terjadi pencurian dgn kerugian rata-rata sebesar 9,0 m3/ha. Pertanyaan : (a) Tentukan besarnya riap tahunan berjalan (current annual increment) pada periode thn 1995 sampai dengan thn 2000 tsb. (b) Tentukan besarnya riap rata-rata tahunan (mean annual increment) pada thn 1995!. (c) Tentukan besarnya riap rata-rata tahunan (mean annual increment) pada thn 2000!. (d) Tentukan besarnya persen riap dalam periode thn 1995 sampai dgn thn 2000 berdasarkan rumus Pressler ! (e) Tentukan besarnya persen riap dalam periode tahun 1995 sampai dengan thn 2000 berdasarkan rumus Kunze !.

7 comments:

Anonymous said...

asw,,,
bapa, kasih yang banyak dunk contoh soalnya... hehehe...
makasi ya pa...

[Muzi-SVK 42]

Anonymous said...

Wah kurang yah ? Kalo pengen nambah, tuh sudah ditambahin !
Belajarnya yang pada rajin ya !!!
Wass.
Muhdin

Anonymous said...

wah bapa,,,
keren bgt dah...
salut dah bwat bapak...
dah mau kasih slide gratis dah gitu ada soal2nya lagi...
gini dunk pak..
dah jamanya blajar pake e-learning pak..
klo perlu kul nya lewat internet ajah....


smangat pak...
soalnya yang gampang yah pak besok...

(eTta + Imara MNH 42)

Muhdin Abdurohim said...

ETta + Imara, makasih atas support-nya. Skrg tinggal mhsw-nya, belajarnya harus pada rajin ya ! Di kelas juga dosennya nerangin harus didengerin dong, jangan mentang-mentang sudah ada hand out kuliahnya, malah pada asik ngobrol ! Karena banyak hal yang harus dijelaskan, tidak cukup hanya baca hand out saja.
Wass.
Muhdin

Anonymous said...

Assalamualaikum, Wr.Wb
Seberapa besar kemungkinan soal ini muncul di UTS, atau mungkin soal ini yang akan keluar di UTS, He...3x

Anonymous said...

Ass,Invent mata Kuliah keren abiz!!!!!! Huh... tadinya sempet iri sama anak MIPA yang ngirim tugas tw nyari tugas pake e-learning, Pak Usul nanti klo ngasih tugas invent ngerjainnya taw kirim tugasnya lewat internet aja biar anak2 Fahutan ga gaptek amat, buktinya kemarin ngerjain tugas pake minitab aja pusingnya sampai 7 keliling. O iya Salam buat Pak Tangtir pesennya : Nita minta video2 lucunya donk buat ngasih motivasi n bisa ketawa-ketiwi terus. Makasih. ( anita, MNH 42)

Muhdin Abdurohim said...

Hi, Anita. Kalau saja saya tahu latihan soal itu akan keluar di UTS, saya tak akan tayangkan di web. Jadi saya gak tahu persis berapa besar kemungkinannya, yang jelas kemungkinannya di atas 0% dan di bawah 100% lah. Soal-soal itu saya tayangkan semata-mata sbg bahan evaluasi diri bagi mhsw setelah mempelajari bahan kuliahnya. Harapan saya semoga bermanfaat. Lagian kalau belajar yang ikhlas dong, biar selain menambah ilmu juga mendapat pahala. Jadi dunia dapet akhirat juga dapet. Kalau cuma demi UTS, duh aduh sayang amat, ilmunya bisa gak berkah.
Salam buat Pak Tangtir insya Allah disampaikan tapi minta videonya langsung saja ya sampaikan sendiri.
Wass.
Muhdin